15 Tempat Wisata di Mongolia Dikunjungi

Terjepit di antara Rusia dan Cina, negara Mongolia yang dikelilingi daratan ini adalah salah satu tempat paling berpetualang untuk dikunjungi di Asia. Terkenal karena padang rumputnya yang tak berujung dan kosong, budaya nomadennya yang kaya, dan Genghis Khan, negara yang luas ini memohon untuk dijelajahi, dengan segudang tempat wisata yang menakjubkan untuk dikunjungi oleh para pengunjung.

Rumah bagi pegunungan yang megah, dataran yang indah, dan Gurun Gobi yang sunyi, pemandangan alam liar Mongolia yang luar biasa menakjubkan, dengan yurt terpencil ditemukan di sana-sini. Selain merasakan keramahan nomaden, hal lain yang dapat dilakukan di Mongolia termasuk menunggang kuda dan menunggang unta melalui pemandangan yang spektakuler.

Selain itu, banyak festival menarik menyoroti kekayaan sejarah Mongolia, budaya, dan tradisi yang dihormati.

1. Khorgo-Terkh National Park

Terletak di Provinsi Arkhangai yang memikat dan menarik di Mongolia tengah, Khorgo-Terkh National Park menawarkan pemandangan yang indah dan pemandangan yang dramatis. Berpusat di sekitar perairan reflektif Terkhiin Tsagaan Nuur atau ‘Danau Putih Besar’, taman ini adalah rumah bagi bukit-bukit tak berujung, stepa, dan lapangan vulkanik besar.

Fitur menonjol lainnya adalah Gunung Khorgo setinggi 2.240 meter yang tinggi, gunung berapi yang tidak aktif dengan kawah gua yang menawarkan pemandangan danau terdekat yang luar biasa dari puncaknya. Taman nasional adalah tempat yang indah untuk dikunjungi, dan hiking, berenang, berkemah, dan trekking berkuda adalah hiburan yang populer.

2. Bayanzag

Lebih dikenal sebagai ‘Flaming Cliffs’, Bayanzag adalah bagian Taman Nasional Gobi Gurvansaikhan yang sangat indah, ditemukan di tengah selatan negara itu. Tebing batu pasir yang menakjubkan dijuluki demikian karena warnanya yang kemerahan oleh ahli paleontologi Roy Chapman Andrews, yang menggali daerah itu pada tahun 1920-an.

Selama bertahun-tahun, sejumlah fosil dan telur dinosaurus yang menakjubkan telah ditemukan di sini di antara bentang alam terpencil yang menyenangkan. Meskipun tidak banyak yang bisa dilakukan di Bayanzag selain memanjat tebing dan menikmati kehampaan yang tak ada habisnya, Flaming Cliffs pasti membuat pemandangan yang epik, terutama saat diterangi saat matahari terbenam.

3. Tsenkher Hot Springs

Terletak di antara kaki bukit hijau Pegunungan Khangai, Mata Air Panas Tsenkher yang mengepul dan menyejukkan telah lama terkenal karena khasiat penyembuhannya. Terletak di Provinsi Arkhangai, mata air terletak di tempat yang indah dikelilingi oleh hutan yang indah dan perbukitan.

Dikenal sebagai yang terpanas kedua di seluruh Mongolia, mereka dipanaskan oleh sumber vulkanik dari pegunungan terdekat. Saat ini, pengunjung Mata Air Panas Tsenkher dapat menginap di berbagai resor yang tersebar di wilayah tersebut dan bersantai dan melepas lelah di kolam renang luar ruangan, pemandian dalam ruangan, dan spa. Selain itu, hiking dan menunggang kuda sangat menyenangkan dilakukan di perbukitan dan lembah yang indah.

4. Gandan Monastery

Salah satu biara paling penting dan mengesankan di Mongolia, Gandan terletak di jantung ibu kota negara, Ulaanbaatar. Pertama kali didirikan pada 1809, telah dibangun kembali dan dipulihkan berkali-kali selama bertahun-tahun, untungnya lolos tanpa cedera dari pembersihan agama pada tahun 1930-an. Menampilkan arsitektur menakjubkan yang mengacu pada pengaruh Cina, Mongol, dan Tibet, biara ini menjadi rumah bagi kuil-kuil yang luar biasa serta ikon dan gambar Buddha yang brilian.

Baca Juga:  10 Pulau Terbesar di Jepang yang Menarik Dikunjungi

Dari sekian banyak patung yang luar biasa, selubung emas setinggi 26,5 meter yang menyerupai Avalokitesvara adalah daya tarik utamanya. Berarti ‘Tempat yang Luar Biasa untuk Kegembiraan’ dalam bahasa Tibet, Biara Gandan sangat menakjubkan untuk dikunjungi. Itu masih digunakan sampai hari ini, dengan para biksu melakukan ritual dan upacara harian di pekarangannya.

5.Tsagaan Suvarga

Terletak di tempat yang indah dan terpencil di tenggara negara itu, Tsagaan Suvarga adalah satu lagi pemandangan alam Mongolia yang luar biasa. Membentang lebih dari 400 meter panjangnya, tebing terjal mencapai ketinggian 60 meter dan menampilkan rangkaian warna yang menakjubkan. Di samping lapisan tanah liat merah dan putihnya terdapat nuansa pastel ungu dan oranye, sedangkan langit biru cerah tampak menawan di atasnya.

Sering disebut ‘Stupa Putih’ karena kemiripannya dengan tempat-tempat ritual dari jauh, Tsagaan Suvarga memandang dengan angkuh ke atas bukit-bukit yang melingkar di sekitarnya. Selain menikmati pemandangan dan hiking di sekitar pemandangannya yang menakjubkan, pengunjung dapat berkemah di lokasi dan mengunjungi petroglif kuno yang terukir di batu di dekatnya.

6.Khongoryn Els

Meliputi sebagian besar Taman Nasional Gobi Gurvansaikhan, Khongoryn Els adalah pemandangan yang menakjubkan tidak seperti yang lain. Dikenal sebagai ‘Singing Dunes’ karena suara khas pasir saat angin bertiup, bukit pasir yang sangat besar ini mencapai ketinggian hingga 300 meter dan membentang sejauh 100 kilometer yang hampir tidak dapat dipercaya.

Sementara pasir yang terus bergeser membuat pendakian ke puncak tugas yang berat, itu sangat berharga: pemandangan pasir tak berujung di sekitar Anda adalah ilahi. Karena lanskap gurun begitu memukau, berkemah dan trekking unta di antara bukit pasir adalah salah satu hal paling ajaib dan berkesan untuk dilakukan di Mongolia.

7. Erdene Zuu Monastery

Biara Budha pertama di Mongolia, Erdene Zuu didirikan pada tahun 1585. Pada puncaknya, biara ini memiliki 62 kuil, yang menampung lebih dari seribu biksu. Terletak di sebelah Karakorum, bekas ibu kota Kekaisaran Mongol (dan sebenarnya dibangun dari reruntuhannya), biara sekarang terletak di balik tembok panjang yang dihiasi stupa-stupa yang berkilauan.

Meskipun mengalami penganiayaan dan penelantaran selama masa komunis, masih ada beberapa patung dan ukiran yang indah untuk dilihat, serta beberapa kuil dan ruang upacara yang mengesankan.

Sekali lagi sebuah biara Buddha yang aktif, pengunjung Erdene Zuu dapat menonton upacara harian dan mempelajari lebih lanjut tentang kekayaan sejarah dan warisan kompleks di museumnya yang luar biasa.

8. Khustain Nuruu National Park

Dikenal sebagai rumah bagi takhi yang sangat liar dan bebas, jenis kuda Mongolia yang pernah dianggap punah, Khustain Nuruu National Park melindungi dan melestarikan habitat alami mereka. Didirikan pada tahun 1993, taman ini mencakup padang rumput yang indah dan pegunungan dataran rendah dan terletak sekitar seratus kilometer di sebelah barat Ulaanbaatar.

Baca Juga:  Mengulas Dusun Semilir: Surga Terselubung di Jawa Tengah

Karena pemandangannya yang menakjubkan dan penduduk yang terkenal, taman nasional ini sangat populer. Banyak orang yang berkunjung tinggal di gers atau pergi menunggang kuda melintasi hutan belantara. Selain takhi, Khustain Nuruu adalah rumah bagi rusa, babi hutan, lynx dan serigala, dengan fajar dan senja adalah waktu terbaik untuk melihat mereka sekilas.

9. Genghis Khan Statue Complex

Terletak lebih dari 50 kilometer di sebelah timur Ulan Bator, kompleks menawan ini adalah rumah bagi salah satu simbol paling ikonik bangsa – Patung Berkuda Genghis Khan yang sangat besar. Duduk di atas tunggangannya yang perkasa, pendiri Kekaisaran Mongol yang menakutkan itu memandangi padang rumput di sekitarnya, mendominasi dan mendefinisikan lanskap dengan ukuran dan skalanya yang besar.

Terbuat dari baja tahan karat yang berkilau, patung yang spektakuler ini menjulang setinggi 40 meter, dengan pemandangan indah untuk dinikmati dari kepala kudanya. Meskipun ini jelas merupakan fitur menonjol dari kompleks ini, ada juga museum bagus yang ditawarkan yang memamerkan artefak Mongolia kuno.

10. Danau Khovsgol

Dikelilingi oleh pegunungan, hutan, dan lembah yang megah, Danau Khovsgol terletak di ujung utara negara itu di taman nasional yang indah dengan nama yang sama. Dibentuk lebih dari dua juta tahun yang lalu, danau ini adalah salah satu danau terbesar di daratan, yang menampung hampir 70 persen dari pasokan air bersih negara.

Dikenal sebagai ‘Mutiara Biru Mongolia’ karena perairannya yang dalam dan gelap, danau ini menjadi tujuan wisata yang semakin populer berkat pemandangannya yang menyenangkan dan dramatis. Selain hiking di sepanjang tepi danau dan berenang di perairannya, pengunjung Danau Khovsgol dapat menyaksikan satwa liar di pemandangan indah yang terbentang di dekatnya.

11. Horse Riding in Orkhon Valley

Selama ribuan tahun, Orkhon Valley dianggap sebagai pusat kehidupan, budaya, dan kekuatan stepa, dengan khan dan kerajaan yang tak terhitung jumlahnya berasal dari sini. Dengan demikian, tempat ini sekarang dipenuhi dengan tempat wisata sejarah dan landmark budaya: monumen megah, biara, dan tugu peringatan ditemukan di samping sisa-sisa kota Karakorum yang pernah besar. Selain itu, lembah ini menawarkan pemandangan yang indah, dengan air terjun berkilauan dan padang rumput yang dipenuhi bunga terlihat di sana-sini.

Wilayah ini paling baik dijelajahi dengan menunggang kuda. Terletak hampir sempurna di pusat Mongolia, Orkhon Valley adalah tempat yang fantastis untuk mengalami tradisi pastoral yang kaya dan cara hidup nomaden di negara ini saat Anda tinggal di gers dan mengikuti jejak para khan.

12. Golden Eagle Festival

Diadakan setiap tahun di Olgii di ujung barat Mongolia, Golden Eagle Festival adalah pertunjukan spektakuler yang pasti akan membuat semangat Anda melonjak. Selama akhir pekan di bulan Oktober, sekitar ratusan pemburu elang Kazakh datang untuk merayakan warisan mereka melalui kompetisi, pameran budaya, dan upacara.

Baca Juga:  10 Pulau Terbesar di Indonesia yang Kaya Pesona

Berpakaian untuk mengesankan pakaian tradisional, para pemburu bersaing dalam beberapa kategori, dan elang mereka dinilai berdasarkan kecepatan, kelincahan, dan akurasi. Selain perburuan yang mendebarkan, ada juga pacuan unta, permainan kuda, dan panahan untuk dinikmati. Sebuah festival yang menarik tidak seperti yang lain, elang Olgii pasti sangat menggembirakan untuk ditonton, dengan banyak pilihan foto bagus yang bisa didapat dari semua acara dan kemeriahan.

13. Menunggang Unta di Gurun Gobi

Wilayah gurun terbesar di Asia, Gurun Gobi mencakup hamparan lanskap suram namun indah yang tak berujung di selatan Mongolia. Dibatasi oleh puncak, dataran tinggi, dan dataran yang menonjol, cekungannya adalah rumah bagi segala sesuatu mulai dari oasis yang indah dan terpencil serta sungai asin hingga formasi batuan kuno dan ngarai yang dramatis.

Karena lanskap dan pemandangannya yang keras dan tak kenal ampun – namun tidak diragukan lagi memikat dan menarik -, Gurun Gobi sangat menarik untuk dijelajahi: menunggang unta melalui bukit pasirnya adalah pengalaman yang tak terlupakan. Di antara banyak sorotannya adalah tebing, gua, dan ngarai Yolyn Am dan Dungeneegyn Am serta bukit pasir Khongoryn Els – semuanya terletak di dalam Taman Nasional Gobi Gurvansaikhan.

14. stay in a ger

Meskipun terkenal dengan Genghis Khan dan Golden Horde, tradisi nomaden Mongolia masih sangat hidup, dengan lebih dari 30 persen populasinya menganut cara hidup kuno ini. Karena itu, Anda pasti akan menemukan banyak gers atau yurt saat Anda melakukan perjalanan di sekitar pegunungan, gurun, dan stepa Mongolia yang megah.

Menginap di salah satu tenda bundar yang hangat dan ramah ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang warisan budaya Mongolia yang kaya saat Anda bercakap-cakap dengan keluarga lokal, mencoba teh susu, dan mencicipi makanan lezat. Setelah merasakan keramahan yang rendah hati ini, Anda bisa bangun setelah tidur malam yang nyenyak dan menjelajahi alam menakjubkan yang ada di sekitarnya.

15. Festival Naadam

Menampilkan dan merayakan kekayaan sejarah, warisan, dan budaya Mongolia, Festival Naadam diadakan setiap tahun di ibu kota negara Ulaanbaatar. Diyakini mendahului zaman Genghis Khan, perayaan berabad-abad melihat para atlet bersaing dengan ganas di panahan, pacuan kuda, dan gulat, dengan tarian dan perayaan tradisional juga berlangsung.

Meskipun kompetisi yang diperebutkan dengan sengit ini pernah menguji kehebatan militer tentara, festival tersebut kini memperingati dan merayakan kemerdekaan negara. Diadakan selama Hari Libur Nasional – yang berlangsung dari 11 hingga 13 Juli – Festival Naadam yang penuh warna dan semrawut jelas merupakan salah satu hal terbaik untuk dilihat dan dilakukan saat mengunjungi Mongolia.

Artikel Terkait